Tips Penulisan serta Contoh Makalah Penelitian

Tips Penulisan serta Contoh Makalah Penelitian

Seorang pelajar atau mahasiswa baru seringkali mencari contoh makalah penelitian sebagai panduan untuk menyelesaikan tugas mereka. Sebenarnya, contoh makalah saja tidak cukup untuk dapat membantu menyelesaikan tugas tersebut. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam menulis sebuah makalah yang baik dan benar. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa pengertian dari makalah. Secara umum, makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu, yang berdasarkan hasil kajian teori maupun kajian lapangan.

Setelah kita mengetahui pengertian secara umum tentang makalah, kali ini kami akan menyajikan beberapa langkah atau tips untuk membuat makalah penelitian yang baik dan benar. Berikut diantaranya :

  1. Tentukan Tema/ Topik yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema atau topik yang akan dibahas. Jika tema telah ditentukan oleh guru atau dosen, maka kamu tinggal mengembangkan tema tersebut. Pilihlah tema yang sekiranya mudah dalam proses penelitian. Meskipun mudah, tapi tema tersebut harus tetap menarik. Jangan sampai salah memilih tema karena akan membuat kamu pusing dalam menyelesaikannya.

  1. Tentukan Judul yang Jelas dan Menarik

Setelah menentukan tema, kamu harus memilih judul yang jelas dan menarik. Jelas maksudnya adalah judul tersebut fokus mengarah pada tema yang telah dipilih. Sehingga, pembahasan dalam makalah tidak melenceng dari tema.

  1. Mencari dan Mengumpulkan Sumber Referensi

Salah satu langkah yang paling penting adalah mengumpulkan berbagai sumber referensi yang berkaitan dengan tema dan judul yang telah kamu tentukan sebelumnya. Sumber-sumber referensi tersebut sangat mendukung kamu dalam menyusun pembahasan dalam makalah. Beberapa sumber referensi yang bisa kamu pilih antara lain, buku, makalah lain yang satu tema, koran, majalah, internet, hingga mencari informasi secara langsung ke lapangan. Kamu juga perlu menyiapkan KBBI agar bahasa yang kamu gunakan dalam penulisan makalah tersebut benar-benar baku.

  1. Susun Makalah secara Sistematis

Makalah harus ditulis secara sistematis mulai dari bagian cover, bagian pendahuluan, pembahasan, hingga penutup.

Selain ke-empat hal tersebut, kamu juga harus fokus dalam menulis makalah. Artinya, kamu menulis sesuai dengan data yang kamu peroleh ditambah dengan hasil penalaran kamu. Data-data tersebut juga harus kamu tulis secara objektif agar tulisan tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

View Comments